Monday 19 March 2018

Pentingnya organ pencernaan lambung (Audio)

Imam Ibnu Muflih rahimahullah mengatakan di dalam kitab Al-Adab Asy-Syar’iyyah, bahwa tubuh kita terdiri dari dua materi, yaitu hararah dan ruthubah. Dan diterangkan oleh Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah rahimahullah di dalam kitab Miftah Darus Sa’adah bahwa, jantung merupakan sumber hararah (panas) yang ada di dalam tubuh kita, yang kemudian dari panasnya jantung tersebut terbentuklah tulang, daging dan seterusnya sehingga terbentuk tubuh manusia sesuai yang dikehendaki oleh Allah Ta’ala.

Maka setelah manusia lahir, maka organ selanjutnya yang dominan dan penting setelah jantung tentu saja adalah organ yang menampung materi yang kedua atau ruthubah dalam hal ini, yaitu organ pencernaan. Percernaan yang dimaksud di sini adalah daya cerna, baik itu mulai dari menangkap makanan sampai kemudian menjadi sari pati, dan sampai proses pengeluaran sisa-sisa makanan.

Dalam dialog kali ini tentunya akan dibahas hal-hal yang berkaitan dengan penyakit dan permasalahan yang berkaitan dengan organ pencernaan. Tentu saja akan dijelaskan pula cara pengobatan alami dan tradisional yang bisa dilakukan untuk mengatasi berbagai penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Dan organ pencernaan yang akan dibahas kali ini adalah lambung.

Pembahasan organ lambung sangat penting karena lambung merupakan organ pencernaan besar, dan makanan yang kita makan pasti akan masuk ke dalam lambung. Dan di lambung inilah bahan makanan yang kita makan akan diproses. Dan permasalahan tubuh yang berkaitan dengan makanan akan bermula dari lambung.

No comments:

Post a Comment